hit counter script
5 Inspirasi Desain Kamar Kayu yang Nyaman

BangunSumatera.com - Bila ingin mendapatkan kamar tidur yang nyaman dan tenang, tentunya dapat ditentukan dengan desain kamar itu sendiri. Tanpa memerlukan kamar tidur yang mewah, dan mewah agar dapat terlihat mewah.

Minimal, ada bidang yang empuk untuk berbaring, didukung fisik yang sudah lelah, tidur yang baik mungkin bisa diperoleh. Namun, kamar tidur yang representatif juga bisa ikut Andil dalam membuat istirahat Anda semakin berkualitas.

Berikut desain kamar tidur dengan kayu yang dapat menginspirasi: 

Gaya Kamar Tidur Kayu Tradisional

Gaya tradisional saat ini menjadi sangat luas artinya, termasuk dalam contoh berikut. Dalam satu sisi, Anda mungkin Anda memaknai gaya tradisional sebagai gaya klasik atau bahkan gaya jadul. Namun begitu, ada pula yang beranggapan bahwa gaya tradisional adalah gaya non kontemporer (kekinian).

Apa pun pendapat tentang arti gaya tradisional, dari berbagai bahan, mungkin tidak ada yang lebih bisa mewakili kesan tradisional dibandingkan kayu. Kayu paling bisa memberi kesan klasik. Dan jika Anda ingin kesan tradisional nyaman yang mengingatkan pada suatu rumah liburan, paduan ranjang kayu dan lantai kayu seperti pada contoh bisa menjadi rujukan awal.

Baca: Desain Kamar Tidur Minimalis

Suasana Hangat Kayu untuk Kamar Tidur Berkesan Industrial

Salah satu gaya hunian yang beberapa tahun ini digemari oleh kaum urban adalah gaya Industrial. Gaya hunian yang mulai populer di Barat pada awal 1970-an memang sangat cocok untuk hunian kontemporer, karena sangat praktis, simpel, dan hemat biaya.

Walau begitu, karena gaya Industrial sangat ringkas dan mentah, terkadang ada kesan yang dingin dan kaku saat diterapkan untuk hunian, dalam hal ini kamar tidur. Untuk itu, unsur kayu pada ruangan bergaya Industrial cocok sebagai penyeimbang agar ruangan bisa menjadi hangat. 

Kamar Kayu Gaya Modern  yang Lega dan Nyaman

 

Kayu bisa memberi kesan mendominasi yang menyempitkan bagi kamar tidur, utamanya jika penempatan atau gayanya tidak sesuai dengan layout ruang. Sebaliknya, bila penerapan kayu dilakukan dengan tepat, ruangan bisa tampak segar dan ringan.

Pada ide berikut, Anda bisa melihat kamar tidur yang didominasi kayu, mulai dari ranjang, bangku, headboard, hingga panel dindingnya semua dalam warna pekat kayu. Namun begitu, ruang tetap nyaman dan dengan imbangan warna cerah pada dinding dan warna cokelat pudar pada lantai kayunya. Desain yang ringkas dan modern juga membuat kamar tidur ini efektif dan tampak semakin lega. 

Kamar tidur Kayu Gaya 50-an untuk Kesan Simpel dan Elegan 

 

Seperti Anda lihat pada empat contoh sebelumnya, sebuah kamar tidur menjadi tampak nyaman dan hangat karena ada unsur kayu pada lantai, dinding, dan pada tempat tidurnya sendiri. Ada berbagai pilihan kayu yang ada, seperti kayu jati, mahoni, cedar, pinus, ramin, nyatoh, dan sebagainya. Masing-masing memiliki karakter warna dan serat yang khas.

Selain itu, ada pula kayu olahan, seperti kayu lapis atau parket. Pada contoh, Anda mendapati kayu olahan mendominasi dinding sebagai panel dinding yang mengingatkan pada gaya Mid Century di era 50-an. Kayu juga digunakan sebagai parket. Tempat tidur umumnya menggunakan kayu solid, walau tidak menutup penggunaan kayu olahan pula untuk menekan harga.

Kamar Tidur Kayu Eklektik untuk Apartemen

Gaya eklektik sering mencampur berbagai gaya yang pernah populer sebelumnya. Pada contoh ini Anda mendapati sebuah ruang tidur dengan konsep terbuka yang  menggabungkan area tidur dengan ruang santai/living room, seperti yang sering diterapkan di apartemen atau hunian kecil. Berbagai elemen ruang menggunakan material seperti kayu dan bata ekspos untuk menghasilkan ruang yang hangat. Sebagai pelengkap, berbagai tipe pencahayaan juga dipasang.

Sumber/Gambar: Archify.com/Arsitag.com