hit counter script
5 Desain Teras rumah Asri dan Teduh

BangunSumatera.com - Teras rumah terletak di area depan biasanya digunakan sebagai aera menerima tamu, bersantai dan taman. Tempat ini terkadang menjadi sanctuary area bagi penghuni melepaskan kelelahan dan menikmati udara.

Rumah dengan teras yang baik adalah rumah yang menghadap ke arah timur. Hal ini dianjurkan agar cahaya matahari pagi yang penuh manfaat dapat menyinari bagian depan rumah yang biasanya dihiasi tanaman.  

Berikut 5 ide dan inspirasi untuk desain teras rumah yang teduh dan asri untuk hunian Anda yang diambil dari CasaIndonesia.

1. Teras dengan warna yang senada dengan fasad rumah

Salah satu strateginya adalah menerapkan ceiling yang tinggi dan cat putih. Ceiling yang mengerucut menyerupai atap dapat menjadi pilihan yang cermat sehingga teras lebih atraktif, sedangkan warna terang akan memberikan ilusi sehingga ruangan terlihat lebih luas.

 

4hVFoL_desain%20teras%20rumah%20minimalis%20casa%20indonesia%202.jpg?profile=RESIZE_584xMande Austriono dari Dform / Kiearch

Kemudian dapat disiasati dengan penggunaan lampu warm white dan tumbuhan. Selain kaktus, lidah mertua, dan talas, Anda juga dapat menggunakan tanaman lain. Namun pastikan bahwa tanaman yang digunakan membutuhkan perawatan yang minim. Dan terakhir, jangan lupa untuk menempatkan media duduk seperti bench dan kursi sebagai tempat bersantai di teras rumah.

Baca: Desain Teras Rumah Outdoor Inspirasi

2. Teras dengan tambahan pohon kaktus

Konsep dari rumah minimalis sebetulnya bukan sekadar berbentuk sederhana. Namun memiliki bentuk yang disesuaikan dengan fungsinya, tanpa menambah terlalu banyak ornamen tambahan. Pemilihan nuansa warna atau material pun umumnya tidak lebih dari dua kombinasi.

9311265281?profile=RESIZE_584x

3. Teras kayu bernuansa natural dan alami

Menggabungkan dinding bata dan dinding kayu berwarna putih pada fasad memberikan kesan kontemporer pada rumah. Kehadiran warna alami kayu dan lantai pada teras menawarkan tampilan yang segar dilengkapi dengan tanaman hijau.

 

l0skwM_desain%20teras%20rumah%20minimalis%20casa%20indonesia5.jpg?profile=RESIZE_584xSkout / Ryan Garvin

4. Lantai dua sebagai kanopi teras bawah

Membuat kanopi khusus untuk teras juga dapat menambahkan biaya. Maka manfaatkan bangunan lantai dua yang menjorok keluar menjadi naungan bagi area teras rumah di lantai satu. Ciptakan satuan palet warna menenangkan dengan mengaplikasikan kayu pada ceiling dan bench di teras.

 

1hwm0L_desain%20teras%20rumah%20minimalis%20casa%20indonesia%20.jpg?profile=RESIZE_584xBaldasso Cortese Architects / Tom Blachford

5. Teras untuk rumah lantai satu yang mungil

Rumah berlantai satu memang sekarang terbilang jarang, terutama di kota besar namun masih banyak diminati. Luas lahan yang terbatas menuntut masyarakat dan developer untuk membuat rumah bertingkat tinggi. Rumah berlantai satu biasanya cocok bagi yang belum berkeluarga, lansia, atau pengantin baru.

 

aPezRQ_desain%20teras%20rumah%20minimalis%20casa%20indonesia%206.jpg?profile=RESIZE_584x

Studio Mahati Emmanuel Sancaka

Agar tampak depan rumah terlihat tinggi atau luas, hadirkan permainan garis-garis pada tampak depan (fasad) dapat memberikan efek jenjang atau panjang.

 

(casaindonesia)