hit counter script
5 Desain Rumah Panggung Minimalis

BangunSumatera.com - Rumah panggung identik dengan rumah adat tradisional berbagai daerah yang ada di Indonesia, saat ini konsep rumah panggung menjadi tren saat ini untuk di aplikasikan pada hunian.

Tidak harus menggunakan bahan kayu, membuat rumah panggung bisa juga menggunakan bahan lain seperti beton dan lainnya agar rumah terlihat trasional moderen. Berikut beberapa desain rumah panggung minimalis.

1. Rumah Panggung Berbahan Beton

desain-rumah-panggung-unik-1.jpg?profile=RESIZE_584x

Sumber: polarumah.com

Desain rumahnya menggunakan konsep modern, dimana beton menjadi material tiang penyangga bangunan, meski menggunakan beton, hunian ini tetap tampak alami dan menyatu dengan lingkungan.

Hal ini berkat aplikasi material kayu pada beberapa bagian rumah seperti pegangan tangga, pagar, dan lantai.

Baca: 7 Model Pagar Kayu Minimalis Tren 2021

2. Rumah Panggung Minimalis Dua Lantai

desain-rumah-panggung-unik-2.jpg?profile=RESIZE_584x

Material kayu menjadi bahan utama rangka rumah, warnanya yang khas dengan tampilan serat kayu menambah nuansa alami pada hunian panggung minimalis.

Rangka panggung tidak terlalu tinggi, namun cukup untuk menciptakan ruang di bawah rumah, sehingga lantai tidak menempel pada tanah.

3. Perpaduan Batu Alam, Kayu, dan Bata

a36ed7be2ae6190f1aa712aff1063292.jpg?profile=RESIZE_584x

Desain ini sangat unik karena mengkombinasikan beragam material alam dan modern, kayu digunakan sebagai material utama rangka rumah dan tambahkan batu alam sebagai pemanis pada tembok rumah.

 

4. Rumah Panggung Minimalis dengan Atap Melengkung

Rumah satu lantai ini dibangun dengan kolong yang cukup tinggi dengan material berbahan kayu dengan bentuk atap melengkung dan panjang hingga menyentuh lantai.

Penggunaan tirai dengan nuansa putih menambah kesan minimalis pada bangunan ditambah elemen kayu membuat rumah seperti ini dapat menyatu dengan lingkungan.

5. Bentuk Kotak dengan Rangka Batu

Tiny-House.jpg?profile=RESIZE_584x

 

Bentuk rumah kotak yang tampak kaku ini seringnya diterapkan pada bangunan di luar negeri.

 

Desainnya sederhana, berbentuk memanjang dengan dua akses keluar masuk.

Teras dibangun setengah tertutup, dengan tembok di salah satu sisi dan atap untuk melindungi dari angin dan hujan, rangka panggungnya terbuat dari bebatuan, dengan beberapa sisi yang masih melengkung alami.

 

 

(99.co)