hit counter script
5 Buah yang Dapat Turunkan Berat Badan

BangunSumatera.com - Buah memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan manusia seperti kecantikan, menghindari dari penyakit dan juga dapat menurunkan berat badan. Kebanyakan para wanita seringkali memanfaatkan buah sebagai pengganti makanan.

Berikut adalah aneka buah yang dapat Anda konsumsi untuk menurunkan berat badan:

1. Jeruk bali

Jeruk bali merupakan salah satu pilihan buah untuk menurunkan berat badan. Hal ini karena kandungan kalori di buah ini tergolong rendah, sehingga cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Selain itu, kandungan air di jeruk bali mencapai 90%, sehingga membuat Anda cepat kenyang dan dapat menekan rasa lapar.

2. Apel

Buah lain yang bisa Anda konsumsi untuk menurunkan berat badan adalah apel. Selain tinggi serat dan rendah kalori, apel juga mengandung senyawa pektin yang mampu memperlambat proses pencernaan, sehingga Anda dapat merasa kenyang lebih lama.

3. Alpukat

Studi lain menemukan bahwa mengonsumsi alpukat dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Ini dikarenakan asam oleat yang terkandung di dalamnya mampu menekan rasa lapar. Namun ingat, jangan mengonsumsi alpukat dengan bahan tambahan yang tinggi kalori, seperti gula, susu kental manis, sirop, atau coklat.

4. Jeruk  

Buah yang tinggi kandungan vitamin C ini bisa Anda konsumsi untuk menurunkan berat badan. Tak hanya tinggi vitamin C, jeruk juga kaya akan kandungan serat alami. Kandungan serat ini bisa membuat Anda tidak cepat merasa lapar usai mengonsumsinya.

5. Pir

Mirip seperti apel, buah pir juga kaya akan kandungan serat dan rendah kalori. Mengonsumsi tiga buah pir setiap hari dapat menekan keinginan untuk makan lebih banyak, sehingga Anda bisa membatasi asupan kalori. Sama seperti apel, mengonsumsi buah pir sebaiknya bersama dengan kulitnya.

 

Meski beberapa jenis buah dapat membantu mencapai berat badan ideal, namun bukan berarti Anda bisa mengandalkan buah saja, namun terapkan juga gaya hidup yang sehat, seperti menghindari makanan tinggi kalori, membatasi konsumsi gula, memperbanyak minum air putih, dan rutin belorahraga.

Bila Anda mengalami kesulitan menurunkan berat badan meski sudah melakukan hal-hal tersebut, cobalah berkonsultasi dengan dokter gizi untuk mendapatkan program penurunan berat badan yang sesuai dengan kondisi Anda.

 

(Alodokter)