hit counter script
5 Bangunan Bersejarah di Aceh

BangunSumatera.com - Aceh dikenal dengan kota serambi mekah yang memiliki peninggalan tempat-tempat bersejarah . Jalan – jalan ke luar kota sekalian menambah wawasan tentang sejarah masa lampau pastinya adalah hal yang paling menyenangkan dengan berkunjung ke wisata – wisata sejarah. Bila Anda ingin bersinggah ke Aceh jangan lupa untuk mengunjungi 5 Bangunan Bersejarah di Aceh sebagai berikut.

1. Kerkhof Peucut

9076010053?profile=RESIZE_584x

Aceh merupakan salah satu daerah yang memberikan perlawanan sengit terhadap kolonialisme Belanda. Peristiwa perang Aceh, banyak yang meninggalkan cerita dan bukti sejarah yang sampai saat ini masih tertata rapi di atas bumi Serambi Mekah.

Salah satunya adalah Kerkhof Peucut yang sekarang diabadikan menjadi sebuah situs warisan budaya. Kerkhof terletak di desa Sukaramai, Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh, Propinsi Aceh. Kerkhof Peucut adalah sebuah pemakaman di Banda Aceh yang memiliki luas sekitar 3,5 hektar. Mayoritas kuburan di pemakaman ini adalah milik tentara Belanda yang meninggal ketika berperang melawan Aceh. 

Baca: Tren Desain Rumah Sepanjang Tahun 2021

2. Benteng Anoi Itam

9076011070?profile=RESIZE_584x

Benteng Jepang dibangun antara tahun 1942-1945. Benteng ini digunakan sebagai tempat penyimpanan berbagai senjata untuk armada Jepang. Benteng ini terletak di Ujong Kareung, Sukajaya, Sabang, Aceh. Benteng ini merupakan salah satu tujuan wisata favorit wisatawan yang berkunjung ke Sabang. Dilihat dari posisinya benteng ini dibangun dan berfungsi sebagai benteng pertahanan.

3. Museum Tsunami Aceh

9076011486?profile=RESIZE_584x

Bagaimana tepatnya adalah bahwa gambar ketika dimanifestasikan?. Pengalaman ini sekarang dapat dirasakan ketika Anda mengunjungi Museum Tsunami Aceh dengan melewati terowongan sempit yang gelap dengan dinding air yang sesekali memercik air ke kepala dan tubuh.

Baca: 7 Bangunan Bersejarah di Kota Padang

4. Masjid Raya Baiturrahman

9076017652?profile=RESIZE_584x

Mesjid Raya Baiturrahman merupakan lambang kemegahan kota Banda Aceh sebagai ibukota Provinsi Aceh. Masjid ini juga merupakan titik fokus dari semua kegiatan di Aceh. Masjid Raya Baiturrahman adalah salah satu alasan mengapa kota Aceh dikenal sebagai serambi Makkah.

5. Benteng Indra Patra

9076020071?profile=RESIZE_584x

Aceh Trail Lhee Sagoe adalah konstelasi segitiga yang telah melekat pada tiga benteng besar dari kerajaan Hindu-Buddha di masa lalu. Dengan posisi yang sangat strategis, benteng ini didirikan jauh sebelum Islam menyebarkan pengaruhnya di tanah Rencong.

Salah satu dari tiga benteng di Aceh Trail Lhee Sagoe adalah sebuah benteng yang disebut Indra Patra. Sebuah benteng kerajaan Hindu pertama di Aceh yang masih dapat Anda lihat sampai saat ini terletak di dekat pantai Ujong Batee, desa Ladong, jalan Krueng Jaya, Kecamatan Masjid Raya, Kabupaten Aceh besar.

(Acehlonsayang)