hit counter script
3 Tips Merawat Furnitur Kayu Agar Tidak Cepat Rusak

BangunSumatera.com-  Kayu menjadi salah satu material favorit dalam membuat furnitur. Sebab, kayu memiliki banyak jenis dengan karakteristik dan tekstur kayu yang berbeda-beda untuk menghasilkan produk yang beragam.

Namun perlu diperhatikan dalam pemilihan kayu ternyata memiliki perbedaan dalam perawatannya agar kayu dapat bertahan lama. Berikut tips merawat  furnitur kayu agar tidak cepat rusak:

Tambahkan Alas Kaki Pada Furnitur

Tips merawat furnitur kayu yang pertama adalah memberikan alas kaki pada furnitur Anda. Hal ini dilakukan agar kayu dan kaki furnitur Anda bisa lebih awet saat digunakan, sekaligus melindungi lantai dan mencegah noda gesekan pada lantai.

Letakkan di Tempat Kering

Tips merawat furnitur kayu yang berikutnya adalah meletakkannya di tempat kering. Perlu diketahui bahwa material kayu harus berada pada suhu yang tepat dan ruangan yang kering. Suhu yang terlalu panas bisa membuat kayu jadi kering dan menyusut sehingga menimbulkan retakan pada lapisan kayu. Sedangkan udara lembap bisa membuat kayu jadi rapuh akibat munculnya jamur dan rayap yang bisa merusak furnitur.

Angkat Furnitur Saat Memindahkannya

Tips merawat furnitur kayu yang berikutnya adalah mengangkat furnitur saat memindahkannya. Anda bisa mengangkat dudukan atau bagian kedua sisinya. Sebab, menyeret meja dan kursi tak hanya merusak lantai, tapi juga berisiko merusak sambungan kursi dan terkikisnya kaki furnitur, serta merusak teksturnya. Hasilnya, furnitur dan kayu akan retak sehingga fungsi dan keamanan furnitur akan berkurang.

 

 

 

(Ruparupa)